Sabtu, 14 Juni 2008

YA MALIK : alloh adalah raja dunia dan menguasai seluruh alam ini, semua berjalan atas perkenannya dan tidak ada sesutupun yang terjadi di luar kendalinya. Alloh juga yang menentukan segala takdir kita. Takdir adalah kejadian yang pasti terjadi atas keputusanNYA walaupun manusia di beri kesempatan untuk berusaha, tetapi alloh jualah yang menentukan apakah hal itu terjadi atau tidak, alloh adalah raja dalam segala hal dan kejadian. Dialah yang memberi kita keadilan, karena DIA maha adil.
YA GHOFAR : alloh adalah maha pengampun dan hanya allohlah yang berhak mengampuni dosa-dosa kita. Kita adalah makluk yang penuh khilaf dan dosa dalam aktifitas kita sehari hari. Secara kita sadari ataupun tidak kita pasti punya kesalahan kepada teman kita, saudara kita bahkan kepada kedua orang tua kita. Dan hanya kepada allohlah kita harus memohon ampun atas segala dosa dan kesalahan kita tersebut. Dalam memohon ampun, kita harus percaya bahwa kita mendapatkan ampunanNYA, karena alloh adalah YA GHOFAR. Tetapi disamping kita percaya alloh maha pengampun, kita harus pula berjanji kepada diri kita sendiri bahwa kita tidak akan mengulangi perbuatan dosa itu lagi dan kita harus selalu introspeksi diri dengan menilai diri kita sendiri apakah diri kita sudah benar atau belum, tetapi jangan sekali-kali merasa sudah paling benar karena merasa paling benar adalah sebuah kesalahan yang paling besar. Allohlah dzat yang paling benar. Sebut sebanyak mungkin YA GHOFAR dengan mengingat bahwa sebagai manusia kita terlalu banyak khilaf dan dosa.
YA RAHMAN N RACHIM : alloh maha pengasih dan maha penyayang. Kita tidak mungkin mampu menghitung nikmat alloh yang telah diberikan kepada kita. Apabila kita bisa melihat sesama manusia ataupun makhluk lain dengan seksama, pasti kita bisa menemukan betapa kita harus bersyukur kepadaNYA. Kita tidak mungkin bisa menghitung betapa banyak nikmatNYA. Alloh pulalah yang berhak menentukan kepada siapa DIA memberikan nikmatnya, tetapi apabila kita pikir secara mendalam kita akan menyadari bahwa DIA maha adil dalam membagi kasih sayangNYA.
Dari keempat asmaul husna tersebut, apabila kita sadari dengan penuh seksama maka kita akan merasa bahwa kita hanyalah makhluk yang demikian kecil dan tidak ada gunanya untuk merasa sombong. Kita juga akan selalu bersyukur kepadaNYA karena DIA telah memberi kita yang terbaik dan tak terhitung jumlahnya. Kita juga harus banyak-banyak introspeksi diri dan mawas diri dalam setiap langkah kita.
Sebut keempat asmaul husna tersebut dalam isthigfar, takbir, takhmid dan basmalah anda dengan benar-benar menghayati maknanya secara mendalam, insyaaloh kita akan mendapatkan kemajuan dari hari kehari baik dilihat dari sisi duniawi maupun akherati.



Tidak ada komentar: