Selasa, 28 Oktober 2008

pecundang atau pemenangkah anda ?
Pada setiap sektor di kehidupan kita, kita pasti menemukan secara sengaja maupun tidak sengaja yang namanya persaingan atau kompetisi. Persaingan biasa terjadi apabila dua atau lebih orang atau kelompok memperebutkan hal yang sama. Di dalam persaingan atau kompetisi pasti ada fihak yang menang dan fihak yang kalah. Pemenang pastilah mereka yang lebih kuat dan pintar dan mereka yang menjadi fihak yang kalah pastilah mereka yang lemah dan tidak punya semangat bertanding.



Banyak hal yang tercipta dan terjadi di sekeliling kita sebagai dampak dari adanya persaingan. Kita pasti akan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk menghadapi kompetisi dan pasti berusaha meningkatkan kemampuan di segala bidang untuk berusaha menjadi pemenang dalam sebuah kompetisi. Oleh sebab itulah, kompetisi sebenarnya merangsang kita untuk menjadi lebih baik di segala bidang.
Banyak cara yang di ambil orang ketika dia menghadapi kompetisi apalagi pada situasi persaingan yang ketat. Pemenang biasanya melihat tantangan dalam kompetisi adalah sesuatu yang menarik dan membuka bayak kesempatan. Mereka akan menyambut setiap kompetisi dengan semangat yang tinggi dan yakin akan mampu bersaing dengan fair. Oleh sebab itulah, mereka pasti menganggap dirinya adalah lawan yang pantas dan sepadan buat setiap pesaingnya. Bahkan mereka pasti yakin kesempatanya untuk menjadi pemenang lebih besar dari para pesaingnya.
Di lain fihak, pecundang pasti melihat kompetisi adalah sebuah mimpi buruk. Mereka pasti berusaha untuk menghindar dari setiap persaingan. Bahkan sering mereka lebih dulu membuat alasan kenapa mereka menjadi pecundang sebelum mereka melakukan apapun. Mereka selalu sibuk mencari kesalahan dan berusaha menyalahkan siapapun yang bisa dianggap sebagai penyebab kegagalanya. Mereka tidak pernah berusaha meningkatkan kemampuannya sendiri untuk bisa menjadi pemenang. Tantangan adalah sebuah masalah yang besar bagi pecundang.
Sebagai kesimpulan, hidup adalah kompetisi. Kita masing-masing mempunyai kesempatan yang sama apakah menjadi pemenang atau pecundang. Seorang pemenang pasti mempunyai rasa optimis sedang pecundang menyimpan rasa pesimisnya dalam-dalam di dasar hatinya. Pemenang melihat masalah dan tantangan sebagai kesempatan sedang pecundang melihat masalah dan tantangan sebagai mimpi buruk. Ingin Menjadi yang manakah anda ,?
PERSAINGAN YANG KETAT TETAPI SEHAT AKAN MEMBUAT KEHIDUPAN LEBIH BAIK

Tidak ada komentar: