Jumat, 17 Oktober 2008

Surat buat salwaa n tegar


Sebagai ayah dari kalian berdua, tentu saja saya teramat mencintai kalian. Kalian akan menyinari hidup saya. Kalian juga menjadi pembawa dan penerus gen saya.
Saya dan mama kamu akan berbuat yang terbaik yang kami bisa sebagai orang tua, tetapi tentu saja kami punya banyak kekurangan, untuk itu kami mohon maaf. Sebagai orang yang bijaksana, kalian harus tahu bahwa setiap manusia punya keterbatasan, termasuk orang tua kalian bahkan kalian sendiri.
SALWAA ASSYIFAA WIDJAYANTI, sebuah nama yang kami berikan padamu yang mengandung makna yang tinggi. Salwaa yang berarti madu sedang assyifaa berarti menyembuhkan dan menyehatkan berasal dari bahasa arab. Sedangkan widjayanti berasal dari bahasa sansekerta yang berarti anak wanita yang jaya. Dari nama itu kami berharap bahwa kami memang lebah yang menghasilkan madu. Seperti lebah kami tak ingin mengganggu siapapun tetapi kalau ada yang mengusik kami, kami akan serang dengan segala kekuatan kami. Kami juga tak ingin membuat masalah dimanapun kami berada dan juga kami hanya makan yang bagus, sari pati bunga, bukan makanan yang jelek. Jadi kami berharap semoga apa yang kami nafkahkan untukmu memang sesuatu yang baik dan halal, sehingga kamu kelak memang madu yang berguna buat orang lain, menyembuhkan dan menyehatkan. Dari keseluruhan namamu kami berharap kamu akan jadi wanita yang jaya dan juga berguna buat semua orang terutama mereka yang sengsara dan membutuhkan pertolongan. Kamu adalah obat.
Untuknu Tegar, kami memberi nama itu dan berharap kamu seperti nama itu, ABDULLAH TEGAR WIDJAYANTO. Abdullah berasal dari bahasa arab yang berarti pelayan tuhan sedangkan tegar berasal dari bahasa yang berarti kuat dan tahan menghadapi banyah rintangan dan hambatan. Widjayanto berasal dari bahasa sansekerta yang berarti anak laki-laki yang jaya. Saya dan ibunmu berharap kamu akan menjadi manusia laki-laki yang kuat dan jaya dan senantiasa mematuhi perintah dan ajaran tuhan yang pasti akan menyelamatkan kamu. Tuhan berada di setiap tempat dan percayalah kamu akan diselamatkanNYA apabila kamu mengikuti garisNYA. Apabila kami orangtuamu memberi contoh yang salah, jangan ikuti, tetap ikuti jalan tuhan, karena kami berharap kamu menjadi pelayan tuhan.
Hidup dimasa kalian berdua adalah sangat berat dan penuh persaingan. Kalian perlu kekuatan untuk bisa bertahan. Untukmu Tegar, kamu harus membangun kekutan dan strategi. Gunakan dua hal yang ada padamu, otot dan otakmu. Dua hal inilah yang menjadi pilar dari kekutanmu.
Saya percaya jalanmu kedepan penuh onak dan duri. Oleh karena itulah kami akan mengajarimu bagaimana cara bertahan di masa-masa yang sulit. Jika kalian terbiasa dengan jalan yang enak dan mudah maka kalian akan menemui kesulitan untuk menyesuaikan dengan jalan yang susah. Untukmu Salwa, jangan menjadi wanita yang lemah, jadilah wanita yang lembut tapi kuat. Kamu dianugrahi tuhan wajah yang sangat cantik dan ini adalah salah satu senjata buat wanita. Jika kamu bisa menggabungkan kombinasi yang saling melengkapi antara wajah yang cantik dan otak yang cerdas, kamu akan menjadi wanita paling kuat di dunia.
Kami tidak pernah membayangkan akan punya anak- anak seperti kalian berdua apalagi kalian, kalian pasti tidak pernah membayangkan dan meminta sebelumnya untuk berorang tua seperti kami berdua. Ini adalah ketentuan tuhan yang sering kita sebut takdir, untuk itulah percayalah dengan sepenuh hati pada adanya takdir karena kita sudah bersentuhan dengan adanya takdir dari tuhan kita semenjak kalian berdua lahir. Jadilah orang yang berusaha untuk selalu puas dengan takdir tuhan karena orang yang menerima kenyataan jauh lebih bahagia daripada orang yang mengingkari dan tidak puas dengan kenyataan yang ada. Tetapi jangan pernah menyerah untuk berdoa dan berusaha mendapatkan sesuatu yang kalian inginkan, tentu saja dari tuhan. Jangan pernah berhenti untuk berjuang.
Sekali waktu kalian pasti akan bersaing dengan orang lain bahkan mungkin kalian akan bertarung. Jangan pernah merasa kasihan denghan musuh kalian karena sekali kalian kalah, sungguh kalian akan menjadi manusia yang dikasihani. Gunakan seluruh kekuatan yang ada pada kalian untuk menjadikan kalian sebagai pemenang. Sesungguhnya hidup ini adalah persaingan bahkan medan perang dan pemenang paling hebat adalah mereka yang menang tanpa melalui pertarungan. Pemenang seperti ini adalah mereka yang mempunyai kemampuan yang bisa diperhitungkan sehingga musuh akan menghargai dan menghormati kita tanpa kita harus mengalahkan mereka. Tetapi apabila suatu saat kalian menemui medan perang yang kalian harus bergabung di dalamnya, bertarunglah sampai titik darah penghabisan dan jangan pernah menyerah.
Untuk teman-temanmu, cintai dan bantu mereka tanpa ada maksud tersembunyi. Jangan pernah berkata dan berbuat yang membuat hatinya terluka. Apabila kamu punya lebih, berbagilah dengan mereka. Apabila temanmu butuh bantuan, bantulah mereka tanpa berharap suatu saat kalian akan di bantu oleh mereka. Lakukanlah semua itu dengan ikhlas.
Kalian harus berbagi apa yang kalian punya dengan lingkungan sekitar. Jangan terlalu cinta dengan harta, karena kalau kalian terlalu cinta dengan harta, kalian akan terpasung oleh harta itu sendiri. Selalu berpikirlah bahwa apapun yang kalian punya adalah titipan tuhan semata. Kalian dititipi hanya untuk sementara. Itu bukanlah benar-benar milikmu. Tetapi tetaplah berusaha untuk mendapatkan harta dengan sungguh-sungguh karena tanpa harta yang cukup kalian tidak akan bisa membantu keluargamu, saudaramu dan temanmu. Jadilah orang kaya tapi jangan jadi orang yang rakus. Simpan uangmu dengan baik tetapi jangan pernah takut jatuh miskin.
Kalian bisa dan boleh bermimpi dan membayangkan untuk jadi dan mendapatkan apapun, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana kalian berusaha mewujudkan mimpi kalian tersebut. Seberapa sering dan seberapa lama kalian membayangkan keinginan kalian adalah tidak penting, yang lebih penting adalah seberapa lama dan seringnya kalian berusaha untuk mewujudkan keinginan tersebut.
Diatas itu semua, silahkan gantungkan segala urusan pada kehendak yang maha kuasa. Berterimakasihlah atas segala karunianya dan berusahalah mengikuti segala kehendaknya. Demi alloh, kalian tidak akan rugi dan membuang-buang waktu apabila kalian berusaha dengan sabar dan gigih untuk tetap berada di jalanNYA. AMIN.






Tidak ada komentar: