Jumat, 17 Oktober 2008

pertemanan

PERTEMANAN

Pertemanan adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh setiap orang karena kita adalah makhuk sosial. Sebagai makluk sosial kita tidaklah dapat hidup sendiri dan pasti kita membutuhkan bantuan orang lain dalam kehidupan kita. Oleh sebab itulah setiap manusia pasti ingin membangun pertemanan dengan orang lain. Di dalam pertemanan, selain kita mendapatkan bantuan dan pertolongan, kita juga harus berbuat sebaliknya, memberikan bantuan dan pertolongan kepada teman kita apabila mereka membutuhkan.
Pada tulisan ini penulis mencoba untuk memberi cara bagaimana mendapatkan teman dan mempertahankan pertemanan. Pertama, bukalah dirimu, jangan jadi orang tertutup. Biarkan orang lain tahu siapa dirimu tetapi tentu tidak semua hal tentang dirimu adalah konsumsi publik, tetapi biarkan orang lain mengenal dirimu, jangan jadi orang yang misterius. Karena kalau kamu jadi orang yang misterius, bisa jadi orang lain akan salah menilai kamu. Jadi, tunjukkan ide-idemu, cita-citamu maupun hal-hal yang kamu percaya.
Yang kedua, jangan menilai orang dengan kacamatamu sendiri, karena semua orang mempunya dasar pemikiran sendiri. Benar menurut kamu bukan berarti benar di pandangan orang lain. Kamu harus memahami latar belakang dari temanmu tersebut. Jika ada berbedaan antara kamu dan temanmu, jangan membesar-besarkan dan membuat itu semakin lebar. Lebih baik untuk kamu menghindari topik-topik yang berbeda dan mengalihkanya ke topik lain. Jika topik itu adalah hal yang prinsip, berusahalah untuk mengendalikan dirimu dan jadilah orang yang demokratis. Jika anda adalah seorang pengambil keputusan, ambilah keputusan sejelas mungkin supaya kamu bisa melihat siapa yang berada di sisi yang berseberangan denganmu, tetapi jangan musuhi mereka, cukup kamu waspada apabila mereka melakukan cara-cara licik, segera lawan dan hancurkan musuh tersebut. Jangan sungkan untuk punya musuh karena sebaik apapun kamu pasti ada pihak yang tidak puas dan menjadi kandidat musuhmu. Jangan pertahankan pertemanan yang tidak mungkin.
Prinsip ketiga dalam pertemanan adalah jangan sekali-kali menyebarkan rahasia teman, jadilah orang yang bisa dipercaya dan bangunlah kepercayaan teman terhadap anda. Buatlah temanmu merasa aman berada di dekatmu apapun aktifitasnya karena mereka yakin kamu tidak akan membocorkan rahasianya.
Prinsip berikutnya adalah buatlah kerjasama dan Bantu temanmu dengan ikhlas. Sekali waktu kita mendapat sesuatu dari teman kita, tetapi di waktu yang lain kita harus membantu teman apabila dia membutuhkan. Jangan jadi orang egois dan Cuma cari untungnya sendiri. Seberapa banyak yang akan kamu dapatkan adalah tergantung seberapa banyak kamu bisa memberi. Pemberian bukanlah di hitung Cuma materi tetapi saran dan perhatian bisa di sebut juga pemberian. Kita harus perhatian terhadap problem teman. Jangan sekali-kali mengacuhkan keluhan teman. Kita harus peduli kondisi teman tidak Cuma pada saat senang tetapi juga harus pada saat sedih juga.
Sebagai kesimpulan, kita akan selalu butuh bantuan teman kita karena kita adalah makhluk sosial. Bukalah dirimu, jadilah orang yang bijaksana, bangun kepercayaan dan selalu siap untuk membantu teman adalah faktor utama dalam membangun pertemanan yang abadi.




Tidak ada komentar: